Salah satu gejala awal seseorang terindikasi virus corona adalah demam dan kenaikan suhu tubuh. Apabila suhu tubuh seseorang ter-indikasi diatas 37.5 derajat Celcius, maka orang tersebut dapat dipastikan sedang demam, dan perlu memeriksakan diri ke dokter untuk diketahui penyebab demam nya lebih lanjut. Di masa pandemi seperti sekarang ini, di hampir semua tempat kita dapat menemukan penggunaan Thermometer sebelum kita memasuki suatu area. Baik perkantoran, pusat perbelanjaan, bahkan sekolah.


Salah satu gejala awal seseorang terindikasi virus corona adalah demam dan kenaikan suhu tubuh. Apabila suhu tubuh seseorang ter-indikasi diatas 37.5 derajat Celcius, maka orang tersebut dapat dipastikan sedang demam, dan perlu memeriksakan diri ke dokter untuk diketahui penyebab demam nya lebih lanjut.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, di hampir semua tempat kita dapat menemukan penggunaan Thermometer sebelum kita memasuki suatu area. Baik perkantoran, pusat perbelanjaan, bahkan sekolah.

Dan umumnya, di hampir semua tempat, pengukuran suhu tubuh dilakukan dengan menggunakan thermometer-gun, untuk mengurangi adanya kontak fisik.

Tapi apakah pengecekan suhu tubuh hanya cukup dilakukan saat kita memasuki tempat umum ? Bagaimana dengan pengecekan suhu tubuh bagi keluarga kita di rumah, ataupun bagi kita sendiri ?

Sebagai bentuk pencegahan, ada baiknya kita pun memiliki thermometer di rumah, untuk selalu siap sedia, apabila ada anggota keluarga yang merasa kurang sehat dan perlu dilakukan pengecekan awal dari suhu tubuh mereka.

Berikut daftar suhu tubuh manusia yang dapat di kategorikan normal :


1. Pada Orang Dewasa

Suhu tubuh dewasa normalnya berkisar antara 36.5 - 37.5 °C.

Dan berikut ini suhu badan orang dewasa apabila demam :

37.6 - 39.4 °C dapat di kategorikan sebagai demam

39.5 - 40.0 °C dapat di kategorikan sebagai demam tinggi

Diatas 40.0 °C dapat di kategorikan sebagai demam sangat tinggi, dan sebaiknya segera dibawa ke dokter atau rumah sakit.



2. Pada Anak - Anak

Untuk anak usia 3 hingga 10 tahun biasa nya suhu tubuh normal nya berkisar antara  35.5 - 37.5 ° C.

Indikasi demam nya kurang lebih sudah hampir sama dengan orang dewasa.




3. Pada Bayi usia 0 hingga 2 Tahun

Pada bayi dan batita, terkadang memiliki rentang suhu tubuh yang lebih luas daripada orang dewasa.

Pada bayi berusia 0 hingga 2 tahun, suhu tubuh nya biasa nya berkisar antara 36.6 hingga 38 °C.

Saat sedang tumbuh gigi, suhu tubuh mereka mungkin sedikit naik, dan ini biasanya normal, dan bukan merupakan gejala sakit yang perlu penanganan khusus.

Salah satu penjelasan kenapa suhu bayi lebih tinggi dari orang dewasa, adalah karena tubuh mereka cukup aktif secara metabolik, sehingga menghasilkan panas yang lebih. Mereka juga tidak terlalu banyak berkeringat ketika hangat, yang menyebabkan tubuh mereka mempertahankan suhu.

Hal ini juga menyebabkan bayi jadi lebih sulit turun suhu nya saat mengalami demam.


 


Nah, sekarang sudah lebih tahu kan perkiraan suhu tubuh yang normal ?

Apabila kamu belum memiliki thermometer di rumah, ataupun masih menggunakan thermometer konvensional, ada baik nya apabila mempunyai 1 buah thermometer untuk jaga – jaga dan siap sedia.

Kamu bisa cek disini untuk rekomendasi thermometer gun yang pengecekan nya sangat akurat dan juga mudah digunakan.

Stay healthy and keep productive !

Related Products: (1)